Pengertian e-Marketing/ Internet Marketing
Internet marketing atau online marketing merupakan bentuk usaha dari perusahaan untuk memasarkan produk dan jasanya serta membangun hubungan dengan pelanggan melalui media internet “Kotler dan Armstrong, 2008:237”. Internet marketing merupakan bagian dari E-Marketing “electronic marketing” dan E-Business “elektronic business”.
Internet marketing tidak hanya menunjuk pada penggunaan media digital, tetapi juga berhubungan dengan bagaimana melakukan manajemen data konsumen dan menjaga relasi yang baik dengan konsumen.
Tujuan Dan Manfaat Internet Marketing
Teknologi internet berkembang sangat pesat karena dapat menjangkau lebih luas dengan waktu yang tidak terbatas. Menurut Strauss dan Frost “2012”, pemasaran menggunakan teknologi internet “internet marketing” memiliki tujuan dan manfaat sebagai berikut:
- Mampu menjangkau calon konsumen dengan biaya yang lebih murah.
- Mampu melacak dan mengukur data respon konsumen terhadap aktivitas marketing yang dilakukan perusahaan.
- Mampu menjangkau pasar global sebagai pangsa pasar baru.
- Menyajikan promosi yang lebih menarik.
- Mempermudah proses pembelian dibandingkan dnegan sistem offline.
- Persinalisasi pemasaran untuk tiap calon konsumen.
- One-on-one marketing.
- Twenty-four-hour marketing.
Komponen Internet Marketing
Menurut Mohammed dkk “2003:4”, terdapay lima komponen yang terjadi dalam internet marketing yaitu:
Proses
Seperti halnya program pemasaran tradisional, program pemasaran melalui Internet melibatkan sebuah proses. Tujuh tahap dari proses program pemasaran melalui internet adalah membentuk peluang pasar, menyusun strategi pemasaran, merancang pengalaman pelanggan, membangun hubungan antar muka dengan pelanggan, merancang program pemasaran, meningkatkan informasi pelanggan melalui teknologi dan mengevaluasi hasil program pemasaran secara keseluruhan.
Membangun Dan Mempertahankan Hubungan Dengan Pelanggan
Membangun dan mempertahankan hubungan dengan pelanggan merupakan tujuan dari pemasaran. Tiga tahapan hubungan dengan pelanggan adalah awareness, exploration dan commitment. Program pemasaran dapat dikatakan berhasil apabila mampu untuk mengarahkan pelanggan sampai pada tahap komitmen pada perusahaan. Dan tujuan dari pemasaran melalui Internet adalah menjalin hubungan dengan pelanggan, baik secara online maupun offline.
Online
Sesuai dengan definisinya, Internet marketing adalah pemasaran yang dilakukan dalam dunia Internet, namun tetap terkait dengan program pemasaran secara tradisional.
Pertukaran
Dampak dari program pemasaran online adalah pertukaran yang tidak hanya terjadi di dalam dunia Internet saha atau online, namun juga harus berdampak pada pertukaran di penjualan secara nyata.
Pemenuhan Kepuasan Kebutuhan Kedua Belah Pihak
Denga adanya Internet marketing, pemenuhan kepuasan akan kedua belah pihak lebih cepat terpenuhi yaitu dari segi perusahaan yang menggunakan Internet marketing bisa mencapai tujuan perusahaan seperti meningkatnya laba perusahaan, pangsa pasar yang semakin meluas dna lain-lain. Dari segi pelanggan ialah terpenuhinya kebutuhan seperti mendapatkan informasi yang dibutuhkan dengan lebih cepat.
Aplikasi Internet Marketing
Internet marketing dapat dilakukan menggunakan beberapa model aplikasi antara lain sebagai berikut:
- Iklan “Advertising” - Iklan ditampilkan pada situs web pihak ketiga atau blog untuk mengarahkan lalu lintas sistus web perusahaan. Dengan melakukan pemasangan iklan ini secara langsung akan meningkatkan produksi perusahaan.
- Search Engine Marketing “SEM” - Bentuk pemasaran ini adalah untuk berusaha mempromosikan website dengan meningkatkan visibilitas dalam halaman hasil mesin pencari “SERPs” seperti Google, Bing, Yahoo dan lain-lain.
- Search Engine Optimization “SEO” - SEO adalah proses meningkatkan visibilitas situs web atau halaman web di mensin pencari.
- Social Media Marketing - Pemasaran ini dilakukan dengan memanfaatkan lalu lintas dalam Social media website seperti Facebook maupun twitter atau juga media sosial yang lain.
- Email Marketing - Pemasaran melalui email dilakukan dnegan melibatkan langsung pemasaran pesan dengan mengirimkan pesan melalui surat elektronik.
- Blog Marketing - Situs blog perusahaan yang dimanfaatkan untuk promosi.
- Refferal Marketing - Metode Refferal ini untuk mempromosikan produk atau layanan kepada pelanggan baru melalui referensi, metode ini biasanya dari mulut ke mulut.
- Inbound Marketing - Pemasaran inbound ini dengan melibatkan pelanggan untuk membuat dan berbagi.
- Viral Marketing - Teknik pemasaran yang prinsipnya mirip dnegan word-of-mouth dalam bentuk pesan elektronik yang disebarkan dari seseorang kepada orang-orang yang dikenalnya secara berkelanjutan.
Demikianlah pembahasan mengenai “Internet Marketing” Pengertian & ( Tujuan – Manfaat – Komponen – Aplikasi ) semoga dengan adanya ulasan tersebut dapat menambah wawasan dan pengetahuan kalian semua,,terima kasih banyak atas kunjungannya.
sumber
No comments:
Post a Comment